Wednesday, July 27, 2011

Profil Musisi-musisi REGGAE INDONESIA

2 comments
REGGAE?? siapa yang tak suka musik yang satu ini, semua orang pasti kenal yang namanya REGGAE. Aliran musik yang berasal dari Jamaica yang sekarang mendunia diberbagai negara, contohnya INDONESIA. Di INDONESIA Musik REGGAE sudah banyak yang menyukainya, tapi di jaman sekarang musik REGGAE makin lama semakin digeser oleh band-band lokal yang lagunya itu itu aja.

Musik REGGAE menurut pendapat saya adalah aliran musik yang membuat hati terasa damai. Alunan suara gitar yang nyet nyet nyet bisa menyemangatkan dan serasa tubuh ingin menari diiringi musik REGGAE.
Berikut ini musisi REGGAE INDONESIA yang saya ketahui :


1. SOULJAH

Souljah merupakan sebuah band Jamaican Music yang sudah terbentuk dari tahun 1998, ketika sebagian besar personilnya masih kuliah di Universitas Indonesia. Pada tahun 1999 mereka menandatangani kontrak dengan Sony Music Indonesia. Selang beberapa tahun, tepatnya pada tahun 2003 mereka dipercaya untuk ikut album kompilasi “Asian Ska Foundation” yang diproduksi oleh sebuah label Jepang, Authority Records.




2. Tony-Q Rastafara

 
Tony Waluyo Sukmoasih (populer dengan nama Tony Q atau Tony Q Rastafara; lahir di Semarang, Jawa Tengah, 27 April 1961; umur 50 tahun) adalah seorang penyanyi Indonesia beraliran reggae yang telah aktif di ragam tersebut sejak tahun 1989. Dia bersama grup musiknya Rastafara memopulerkan istilah "rambut gimbal" (gaya rambut dreadlock) di Indonesia lewat lagu dengan judul yang sama pada tahun 1996. Tony Q telah menjadi ikon musik reggae Indonesia. Dia dianggap sebagai pelopor reggae di Indonesia, karena dia tak hanya berkecimpung di ragam tersebut sejak lama, namun juga mengembangkan karakter musik reggaenya sendiri, dimana dia memasukkan banyak unsur tradisional Indonesia ke musiknya, dan mengangkat tema-tema khas Indonesia                                                               dalam musiknya

3. Ras Muhamad

Nama Aslinya adalah Muhamad Egar. Sedang nama sebutan Ras
diambil dari kosa kata bahasa Jamaika yang berarti bung/brur/mas. Akar kata Ras berasal dari kata Rastaman atau orang yang telah memahami falsafah dan ajaran Ras Tafari. Kata Ras sendiri dalam bahasa Amharik (Ethiopia) berarti Prince, putra bangsawan. Kalo boleh mengutip kata-kata Om Bob Marley "Reggae music is King Music", musik Reggae adalah musik yang disuguhkan untuk para bangsawan/Royal Music.


4. Steven & Coconuttrees

Steven & Coconut Treez merupakan sebuah grup musik asal Indonesia yang berdomisli di Jakarta. Grup musik ini dibentuk pada tahun 2005. Anggotanya berjumlah 5 orang yaitu A Ray (gitar), Teguh (gitar), Rival (bass), Iwan (keyboard), dan Aci (drum). Album pertamanya ialah The Other Side dirilis pada tahun 2005.Steven and Coconuttreez adalah sebuah konsep solo beraliran musik Reggae asal Indonesia.

5. Marapu

 MARAPU band terbentuk di Jogjakarta pada 10 November 2000.Nama MARAPU diambil dari aliran kepercayaan animisme masyarakat Sumba, yang artinya “Tersembunyi”. Awal berdiri dimulai dari sering nya nongkrong bareng,dan kesamaan hoby ama musik reggae..MARAPU manggung dimulai dari event kampus to kampus,dan menjadi besar di komunitas Mapala se-Jogja. Karena besarnya minat teman-teman akan musik MARAPU,maka MARAPU mulai berani menulis lagu sendiri dan di bawain di kampus,sekolah,event
umum.Tahun 2003 MARAPU membuat demo 3 buah lagu yaitu Mawar funky,Terulang,dan Enough yang kemudian di putar di radio jogja,dan beberapa radio di daerah laen seperti makasar,bali,sumba,salatiga dll. Dari respon para pendengar radio terhadap 3 hits single MARAPU terlihat dengan banyaknya request,juga dukungan yang besar menjadi momentum bagi MARAPU untuk mengeluarkan album sendiri yang bertitle " THE COLOUR" tahun 2006 dengan label indie.Album MARAPU banyak berisi tentang realita sehari-hari yang terjadi di sekitar kita,menjadi diri sendiri dan apa adanya. Dengan spirit baru,management yang solid,MARAPU berencana mengeluarkan album baru,dengan konsep yang lebih matang dan lebih soul. Semoga MARAPU bisa mendapat tempat dari pecinta musik di Indonesia.

6. Babylon
















7. MARQPAT

 MarQPat di ambil dari kata ” markipat ” yang artinya mari kita patungan, kata tersebut di ambil karena kata tersebut sering di ucapkan ketika mereka sedang nongkrong bareng.
 Nama MarQpat tercetus pada bulan agustus 2007. hahaha unik ya namanya.
Lagu yang ku suka adalah Prapatan banjar, sip dah lagunyaaa






 8. Cozy Republik

 Pada tahun 2006 dengan menjadi salah satu band yang mengisi kompilasi Music Factory bentukan Kentucky Fried Chicken dengan single Bisa Setia (Double Platinum) menjadi awal terbentuknya Cozy Republic. Pada tahun 2008 dibawah label Green Labs di produseri Ivanka Slank, Cozy Republic merilis album pertama dengan judul Republic Uye.Dengan formasi Cozy Bastian (Vocal, Lead Guitar), Edmond (Keyboard, Backing Vocal), Gannes (Drum), Renold (Guitar, Backing Vocal), Fany
 (Bass, Backing Vocal), dan Adi (Perkusi, Backing Vocal).
Di tahun 2010 Cozy Republic kembali menggeliat dan merilis album baru bertitle Cinta 17an. Dengan format band yang baru yang ditandai dengan masuknya Indha (Keyboard), dan Rival (additional bass) untuk melengkapi barisan Cozy Bastian (vokal), Reynold (gitar), dan Luthfi (drum).


9. Djaloer Pitoe

 Blog : http://djaloerpitoe.blogspot.com
E-mail : djaloerpitoe@yahoo.com 









10. Pace Rasta












 






11. Shaggy Dog
 Shaggy dog adalah sebuah band Indonesia yang dibentuk pada 1 Juni 1997 di Jogjakarta. Band ini beranggotakan Heru (vokal), Richard (gitaris), Reymond (lead gitar), Bandizt (bass), Lilik (keyboard), dan Yoyok (drum). Yang unik adalah ke-enam personilnya berprofesi sebagai bartender.Aliran musik yang mereka usung adalah perpaduan beberapa unsur, seperti ska, reggae, jazz, swing, dan rock and roll. Beberapa band yang mempengaruhi gaya bermusik mereka adalah Cherry Poppin Daddies, Hepcat, Bob Marley, Song Beach Dub Allstars, dan beberapa band lainnya.Mereka memulai karirnya dengan melakukan beberapa show sebelum akhirnya menelurkan album yang berjudul Shaggydod secara indie. Secara mengejutkan penjualan album ini ini mencapai 20.000 kopi. Album kedua mereka pun masih dirilis secara indie pada 2001, yang bertitel Bersama. Album kedua ini benar-benar dihasilkan dengan susah payah, namun menghasilkan kesuksesan yang cukup tinggi. Karena ketenaran mereka di dunia rekaman indie, akhirnya pada album ketiga yang berjudul Hot Dogz dirilis di bawah naungan EMI Indonesia pada 2003. Tidak hanya di Indonesia, Shaggydog juga sempat diminta oleh perusahaan rekaman di Jepang untuk mengisi kompilasi album Asian Ska Foundation yang digawangi oleh band-band ska se-Asia. Album ini beredar di Jepang, dan Shaggydog mengisi kompilasi ini dengan lagu Second Girl.


12. Burger Time




13. Imanez 













14. Almarhum Mbah Surip
 












contoh musisi-musisi diatas hanya sebagian kecil dari semua musisi musik REGGAE di INDONESIA. Masih banyak contoh yang lain tapi saya belum tau.. hahaha
Woooeeyyyooooo......................................................................................................................................

Posted by: Udin items ASolution

2 comments:

Putri Paramita said... Reply

Sorry, ini gambarnya copyright nya My Reggae ya mas, bisa di remove or disebut nama band kita, My Reggae di list..klo tidak disebut sebaiknya fotonya diganti, terimakasih untuk perhatiannya!

Pengangguran Akutuh said... Reply

Hallo Admin dan kawan pecinta Reggae..
Aku ada recommend tempat download lagu reggae favorit nih..
Coba deh buka di Mp3-reggae.net

Update dan download di Mp3-reggae.net juga bagus dan gampang banget emang. (menurut akuuu) hehe
Lagu barunya yang REKA PUTRI - CELENGAN RINDU (Reggae Version) aku juga suka..
Thanks admin dan semoga membantu.. :) hehehe

#Rastaman
#Rastafara

Post a Comment

Tinggalkan Komentar anda disini