Friday, August 12, 2011

Tentang GBS (Gugun Blues Shelter) INDONESIA

0 comments
      Aliran musik blues mungkin masih belum populer di Tanah Air. Namun Gugun Blues Shelter, band asal Indonesia, justru mendunia karena genre musik blues. Trio pemusik ini memenangi kompetisi tingkat internasional dan tampil sebagai band Indonesia dan Asia Tenggara pertama di festival musik terbesar di dunia di Hyde Park, London, Inggris, akhir Juni silam.


       Panggung Hard Rock Calling di Hyde Park, London, menjadi saksi bagi pencapaian Gugun Blues Shelter, grup yang menawarkan kolaborasi aliran musik blues, rock, dan soul. Gugun Blues Dhelter memang berbeda. Trio Gugun, Bowie, dan Jono adalah grup band indie yang justru dikenal karena penampilan mereka di panggung musik lokal dan mancanegara. ."Di Indonesia sendiri [grup] musik blues belum banyak, ya...penggemarnya sebenarnya ada. Blues itu sendiri gampang banget dinikmati," ujar Gugun, sang vokalis.

       Mereka terus mengepakkan sayap ke mancanegara, namun kerap menghadapi beragam kendala. "Dukungan dari Menbudpar (Menteri Kebudayaan dan Pariwisata) sangat kurang karena kita sulit untuk ke luar negeri. Terutama, band dari Indonesia kalau mau ke luar susah," tutur Bowie, sang penggebuk drum. Ia menambahkan, bukan cuma soal izin, masalah imigrasi juga sangat merepotkan mereka. "Kalau band luar kalau mau ke luar gampang banget," kata Bowie, membandingkan dengan kesempatan yang dimiliki band luar negeri.

       Tampil di festival musik terbesar di dunia tentu menjadi impian semua musisi. Gugun Blues Shelter pun harus mengalahkan ratusan grup band lokal dan mancanegara dalam kompetisi Hard Rock Battle of the Band. "Menurut saya Gugun unggul di musikalitas. Mereka memainkan sebuah genre yang unik, blues...karena musikalitas dan skill mereka yang luar biasa sehingga pantas untuk jadi pemenang," ujar Paulus Panggabean, General Manager Hard Rock Cafe Jakarta.
Gugun Blues Shelter memang tak mau setengah-setengah. Kini, mereka bergabung di bawah naungan Grooveyard Record, sebuah label kumpulan dari gitaris top dunia yang bermarkas di Amerika. Album mereka juga sudah dirilis di Negeri Paman Sam, yang hanya dipasarkan di Benua Amerika dan Eropa.
Gugun Blues Shelter telah membawa nama Indonesia ke luar negeri. Ini membuktikan mereka layak diperhitungkan.

 Posted by : MemedRasta
  Courtesy : Liputan6.com, Jakarta  

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Komentar anda disini