Thursday, September 1, 2011

8 Tips Perawatar Motor 4 Tak

0 comments
Tips ini berfungsi agar motor kesayangan anda awet dan tidak cepat rusak. Mari simak artikel berikut.
1. Memeriksa Filter Karburator
Filter karburator ada dua jenis, yaitu jenis basah dan kering. Umumnya motor keluaran tahun 1990 - 2000-an menggunakan model filter basah. Perawatanya dibersihkan. Sedang motor keluaran tahun 2000 ke atas, biasanya menggunakan model filter kerimg. Bersihkan filter dengan disemprot dengan kompresor. Tetapi model ini juga memiliki kelemahan, yaitu wajib diganti setiap mencapai 25.000 km dan tidak boleh terkena oli atau minyak.



2. Memeriksa Busi Sepeda Motor Secara Berkala
Busi sangat vital bagi kelancaran mesin motor. Karena dibutuhkan pengapian yang stabil. Cek businya jika sudah mencapai 12.000 km sebaiknya busi diganti dengan yang baru.


3. Memeriksa Rantai dan Gir
Jangan membiarkan rantai terlalu kendor atau terlalu kencang, bila rantainya kendor cukup disetel. Jika rantainya kering, harus diolesi dengan oli khusus rantai (chain lube) jika tidak punya uang untuk beli, bisa pakai oli mesin bekas. Hahaha.
Rantai harus diganti kalau sudah mencapai 25.000 - 35.000 kam dan kalau perlu ganti juga gir depan dan belakan bersamaan dengan rantai. Karena kalau gir tidak diganti rantai dapat putus secara tiba-tiba.
Khusus motor matic yang menggunakan V/belt, rantainya tidak dapat disetel dan wajib diganti setiap 25.000 km.

4. Membersihkan Karburator
Bersihkan pilot dan main jet motor.

5. Memeriksa Kondisi Aki
Motor buatan tahun 2000 ke atas, pada umumnya menggunakan aki jenis aki kering, aki ini maksimal penggunaan tiga tahun dan wajib diganti.
Motor yang menggunakan aki basah perlu dicek setiap 10.000 km. Jika air akinya kering (habis) segera diisi. Ciri-ciri aki basah yang kondisinya lemah adalah motor tidak bisa distater.

6. Memanaskan Mesin Motor
Memanaskan mesin motor sebelum dijalankan (setiap pagi), kurang lebih 2-5 menit. Agar sirkulasi oli dapat melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak.

 7. Gunakan Suku Cadang Asli

Kualitas suku cadang asli otomatis lebih bermutu dibandingkan yang palsu, namun harga suku cadang asli memang lebih mahal, tapi sepadan dengan kualitasnya.

8. Periksa Kampas Rem Depan dan Belakang

 
Mengecek kinerja rem depan dan rem belakang, jika sudah aus gantilah dengan kampas rem yang baru. Baik motor yang menggunakan Rem Cakram atau Tromol. 

 =======================
=============================================
==================================================================== 
==================================================================== 
Semoga tips dari saya bermanfaat untuk anda. Terimakasih sudah baca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Komentar anda disini