Friday, November 18, 2011

George Simon Ohm

0 comments
George Simon Ohm adalah seorang fisikawan Jerman yang lahir di Erlangen, Bavaria pada tanggal 16 Maret 1787. Dia seorang guru SMA yang memulai risetnya pada saat teknik Electrochemical Cell ditemukan oleh Alessandro Volta dari Italia. Dari hasil eksperimennya George Simon Ohm menemukan hubungan dasar antara Tegangan, Arus dan Resistansi. Hubungan dasar ini menjadi sangat penting dan menjadi cikal bakal semua acuan untuk menganalisa sirkuit listrik sampai saat ini.
Dia sangat tertarik menyelidiki arus listrik setelah Alessandro Volta menemukan baterai. Pada tahun 1827 Ohm mengemukakan penemuannya mengenai hubungan sederhana antara hambatan, arus dan tegangan.

Ia menyatakan bahwa arus yang mengalir melalui suatu bahan adalah sepadan dengan tegangan yang melintasi bahan itu. Dinyatakan dalam rumus yang terkenal (I=V dibagi R).
Kemudian George Simon Ohm menemukan distribusi dari gaya elektromotif dalam rangkaian listrik yang menentukan hubungan pasti terhadap rangkaian hambatan, gaya electromotif dan kuat arusnya.

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Komentar anda disini