Sunday, November 20, 2011

Peralatan Keselamatan Kerja

0 comments

Keselamatan dalam melakukan kegiatan atau pekerjaan sangatlah penting. Bahaya yang selalu mengintai yang suatu saat akan menimpa kita, namun semua itu akan terhindari jika kita menggunakan peralatan perlindungan diri, berikut adalah macam-macam peralatan perlindungan diri :
1. Sepatu
    Gunakan sepatu yang dapat melindungi kaki dari benda-benda tajam, beban berat yang menimpa kaki,             logam, benda pijar dan asam yang mungkin terinjak. Sepatu untuk pekerja listrik harus berbahan non-               konduktor, tanpa paku logam.
2. Kacamata
    Menggunakan kacamata yang sesuai pekerjaan yang di tangani, misal untuk pekerjaan las diperlukan               kacamata dengan kaca yang dapat melindungi sinar las.
3. Sarung Tangan
    Gunakan sarung tangan yang tidak menghalangi gerak jari tangan. Pilih sarung tangan dengan bahan yang           sesuai dengan jenis pekerjaan yang ditangani, misal sarung tangan untuk melindungi tangan dari tusukan atau     sayatan, bahan kimia berbahaya, panas, sengatan listrik, atau radiasi tentu berbeda bahannya.
4. Helm pengaman
    Gunakan helm yang ringan, tetapi yamg dapat melindungi kepala dari tertimpa benda jatuh.
5. Alat pelindung telinga
    Digunakan untuk melindungi pekerja dari kebisingan, percikan bahan berbahaya.
6. Masker
    Berguna untuk melindungi pekerja dari bahaya polusi udara, gas beracun. Jenis masker pun berbeda-beda       tergantung jenis pekerjaan.
7. Alat perlindungan lainnya
   Seperti tali pengaman untuk melindungi pekerja dari kemungkinan terjatuh saat berada di ketinggian.

Itulah beberapa macam alat perlindungan diri, yang dapat melindungi diri dari berbagai resiko pekerjaan.


==========================================================================

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Komentar anda disini