Wednesday, January 25, 2012

Satu Langkah Efektif Atasi Sampah

0 comments

Sampah adalah sesuatu yang kotor, menjijikan, bau, dan sebagainya. Di daerah pemukiman padat penduduk sebagian orang memilih tidak membuang sampah pada tempatnya tetapi membuang sampah sungai, selokan, dll, ini adalah pilihan yang cepat dan praktis. Tetapi dampak dari hal tersebut akan berimbas pada penduduk lainya, misalnya : akan membuat sungai kotor, saluran air tersumbat sehingga dapat mengakibatkan terjadinya banjir ketika hujan deras tiba.
Disini saya akan memberikan solusi sederhana, cepat dan akurat dalam menanggulangi hal tersebut diatas yaitu dengan cara membakar sampah yang ada. Dengan cara ini sampah semakin sedikit karena sampah yang ada langsung dibakar, daripada sampah hari demi hari semakin menumpuk, atau kita buang di sungai mending kita bakar langsung di tempat, hal ini sangat sederhana dan tentunya efektif, tetapi dalam melakukan pembakaran sampah rumah tangga ada beberapa hal yang harus diperhatikan :
  • Jika rumah anda berdempetan dengan rumah tetangga atau di daerah pemukiman padat penduduk sebaiknya dalam membakar sampah, harus di awasi, hal ini untuk mencegah terjadinya kebakaran rumah.
  • Jika rumah anda tidak memiliki cukup lahan untuk membakar sampah, sebaiknya menggunakan drum besi bekas yang digunakan sebagai tempat pembakaran sampah.
  • Jika volume sampah besar alangkah baiknya tidak dibakar semua. Artinya sampah dibakar sedikit-sedikit untuk mencegah api yang besar.
  • Beri tau tetangga kalau anda akan membakar sampah, karena pembakaran sampah dapat menghasilkan asap yang akan mengganggu aktifitas orang disekitar anda, bisa-bisa di gosipin ama tetangga. hehehee :D
Itulah sedikit cerita yang mengajak anda untuk menanggulangi sampah secara sederhana tetapi efektif. Seoga tips di atas sedikit membantu anda. TERIMAKASIH

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Komentar anda disini