Saturday, July 16, 2011

3 Cara Pemanfaatan Limbah

0 comments
Mari cari tau bagaimana cara memanfaatkan limbah menjadi sesuatu yang berguna untuk hidup kita di dunia.:)

Dengan program 3R yaitu:
1. Reduse
Reduse artinya mengurangi atau mereduksi sampah yang akan terbentuk. Hal ini dapat dilakukan bila ibu-ibu rumah tangga (bukan bapak2 rumah tangga.:D) kembali ke pola lama yaitu membawa keranjang belanja ke pasar. Dengan demikian jumlah kantong plastik yang dibawa kerumah akan berkurang (tereduksi). Selain itu bila setiap orang menggunakan kembali saputangan dari pada tissu, disamping akan mengurangi sampahnya, dengan tidak menggunakan tissu dapat terjadi penghematan terhadap bahan baku untuk tissu, seperti kayu dari hutan.
2. Reuse
Reuse adalah progaram pemakaian kembali sampah yang sudah terbentuk seperti penggunaan bahan-bahan plastik/kertas bekas untuk benda-benda souvenir, kalo di desaku kertas bekas dijadikan pembungkus oleh penjual nasi urap :D yang tentunya dilapisi dulu dengan daun pisang. ban bekas untuk tempat pot atau tempat sampah juga bisa, botol-botol minuman yang telah kosong diisi kembali sebagai tempat air minum.
Berikut ini adalah cara yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan barang bekas:
a). Jangan buang gelas retak, karena bisa dijadikan tempat pensil.
b). Membuat lampion dari kaleng bekas.
c). Manfaatkan payung rusak. Payung rusak bisa dijadikan tempat penjemuran
pakaian bayi. Atau pakaian kamu kalo masih muat.hahahaha
d). Pecahan keramik untuk lantai. Wara-warna yang berlainan dari keramik
mempunyai nilai seni yang tinggi.

3. Recycle
Dalam hal ini sampah sebelum digunakan perlu di daur ulang terlebih dahulu. Bahan-bahan yang dapat di Recycle seperti kertas, pecahan gelas atau kaca, besi bekas, sampah organik yang berasal dari dapur atau pasar dapat didaur ulang menjadi pupuk kompos. Proses ini juga dapat mengubah sampah menjadi energi panas yang dikenal dengan insenerasi.

GO GREEN!!!

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Komentar anda disini